Tuesday, June 21, 2016

Pasifik Masih Berjuang Perangi NCD

Direktur Jenderal SPC, Colin Tukuitonga - Pacificwomen.org
Direktur Jenderal SPC, Colin Tukuitonga
 – Pacificwomen.org
Jayapura,  – Direktur Jenderal badan regional, Komunitas Pasifik, Colin Tukuitonga, mengatakan meskipun sudah bertahun-tahun melakukan upaya-upaya untuk memerangi penyakit tidak menular di wilayah Pasifik, namun hanya ada sedikit kemajuan.
Sebuah laporan tentang nutrisi global yang baru-baru ini dirilis menempatkan negara-negara Pasifik di bagian atas statistik malnutrisi dan menunjukkan sebagian besar wilayah akan gagal mencapai target nutrisi global yang ditetapkan untuk tahun 2025.
Laporan itu yang didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan kenaikan itu disebabkan oleh peningkatan tingkat obesitas dari orang-orang yang kekurangan gizi.
Dari kawasan Pasifik, terdapat delapan dari 10 negara yang memiliki prevalensi obesitas orang dewasa tertinggi. Negara Palau menduduki puncak teratas di mana 80 persen penduduknya mengalami obesitas.
Tukuitonga mengatakan hanya ada sedikit kemajuan dari upaya bertahun-tahun yang dilakukan untuk memerangi penyakit tidak menular.
“Ada banyak pekerjaan dan usaha-usaha yang dilakukan oleh negara-negara Kepulauan Pasifik, tapi kami tidak melihat hasilnya,” kata Tukuitonga seperti dilansir dari Radio New Zealand, Selasa (21/6/2016).
“Sangat sedikit sekali indikasi yang menunjukkan bahwa obesitas sedang melambat, diabetes yang menurun. Kami tidak melihat semua itu,” jelasnya.
Laporan baru itu menunjukkan negara Papua Nugini memiliki salah satu tingkat tertinggi pertumbuhan terhambat karena kekurangan gizi dan prevalensi tertinggi anemia pada wanita usia reproduksi.
Helen Palik, petugas teknis Nutrisi dan Penderita diabetes di PNG, mengatakan ada kesenjangan yang besar dalam pendidikan tentang makanan, dan tidak mudah untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat di negara yang memiliki lebih dari 800 bahasa itu.
Di atas semua, katanya masalah sosial-ekonomi memberikan kontribusi besar pada kekurangan gizi. “Banyak orang berpikir bahwa gizi semua hanya tentang makanan, itu semua tentang isu-isu sosial-ekonomi atau masalah perkembangan,” kata Palik.
“Jadi kekerasan terhadap perempuan, kesetaraan gender, perubahan iklim dan masalah keamanan makanan merupakan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap sejauh mana masalah gizi buruk yang kita miliki di negara ini.”
Tapi Paula Vivili, Direktur Kesehatan Masyarakat Masyarakat Pasifik, menghentikan angka dalam laporan yang menunjukkan Tonga sebagai negara yang memiliki prevalensi diabetes tertinggi.
Dia mengatakan sementara angka berbeda dari survei Tonga sendiri, ia setuju bahwa diabetes merupakan masalah yang signifikan di wilayah tersebut.
Vivili juga mengatakan Tonga memimpin dalam kebijakannya untuk mengatasi NCD, meskipun laporan menyatakan bahwa sebagian besar negara-negara Pasifik menunjukkan tidak ada kemajuan dalam mengimplementasikan kebijakan diet sehat.
“Kami telah menempatkan pajak pada makanan tidak sehat seperti flaps daging kambing, minuman bersoda, mie besar dan makanan sejenisnya. Dan kami tidak mengambil pajak pada buah dan sayuran, jadi sekarang orang dapat menemukan buah-buahan impor dari luar negeri, yang jauh lebih mudah untuk diakses,” kata Vivili. “Tujuannya untuk membuat pilihan yang sehat dan mudah.”
Colin Tukuitonga mengatakan perubahan kebijakan diperlukan untuk melangkah lebih jauh dari sekedar departemen kesehatan.
“Saya tidak berpikir itu merupakan masalah kebijakan kesehatan, jika ada itu masalah pada kebijakan pangan, perdagangan, kesempatan untuk olahraga dan aktivitas fisik, promosi olahraga – semua hal-hal itu sebenarnya di luar sektor kesehatan,” kata Tukuitonga.

“Dan itu masalah, karena kebanyakan orang melihat ini sebagai masalah kesehatan.”
Laporan itu mengatakan pendapatan pemerintah dari yang paling rendah ke menengah dihabiskan sekitar dua persen dari anggaran mereka untuk gizi, tetapi ini tidak cukup, mengingat hampir setengah dari kasus kematian adalah karena NCD.
Saat ini, sebuah konferensi internasional yang membicarakan tentang upaya mengatasi krisis NCD sedang berlangsung di Tonga. (tabloidjubi.com)

#Yikwagwe

No comments: