Wednesday, June 22, 2016

Target Persipura, Menuju Puncak Klasemen

Oleh : Roy Ratumakin.


Muhamad Tahir dan kawan-kawan saat menjalani latihan di Stadion Mandala Jayapura beberapa waktu lalu – Jubi/Roy Ratumakin.
Muhamad Tahir dan kawan-kawan saat menjalani latihan di Stadion Mandala Jayapura beberapa waktu lalu – Jubi/Roy Ratumakin.
Jayapura,  – Skuad asuhan Jafri Sastra sudah melakoni tujuh laga. Dari tujuh laga tersebut Boaz Solossa dan kawan-kawan baru sekali kalah.  Bermain imbang dua kali dan empat kali kemenangan.
Persipura telah meraih  14 point terpaut dua angka dari pimpinan klasemen sementara Arema Cronours dengan 16 point.
Usai meraih kemenangan 3-1 atas PS TNI, Boaz dan kawan-kawan menjalani training center terpusat di Batu Malang. Persiapan ini dilakukan demi meraih point sempurna saat melakoni laga penentuan di Stadion Kanjuruhan, Malang melawan tuan rumah Christian El Loco Gonzales dan kawan-kawan pada Minggu (26/6/2016) mendatang.
Apalagi di Batu Malang, bisa mendapat lawan tanding jelang pertandingan nanti.
“Kami lebih memilih Batu, karena disana fasilitas penunjangnya sangat mendukung dan juga anak-anak bisa fokus mengikuti program yang diberikan karena posisi tempat yang kami tinggali ini sangat jauh dari pusat keramaian,” kata Jafri Sastra kepada Jubi, Rabu (22/6/2016).
Dia mengatakan  pihaknya terus melakukan berbagai pembenahan dari evaluasi saat melawan PS TNI beberapa hari lalu dengan kemenangan telak 3-1. “Pembenahan tetap dilakukan, dimana ada beberapa kekurangan yang harus diberikan porsi lebih dalam latihan tersebut,” ujarnya sembari mengatakan bahwa kondisi anak didiknya dalam keadaan bugar alias tidak ada yang mengalami cidera serius pasca laga kontra PS TNI.
Disinggung tentang laga melawan PS TNI beberapa waktu lalu, Jafri Sastra mengatakan bahwa sejak berangkat dari Jayapura pihaknya sudah bertekad untuk menang, makanya sejak kick off Boaz Solossa dan kawan-kawan diintruksikan untuk langsung main menyerang.
“Kami jelas bersyukur atas hasil tersebut, saya juga mengapresiasi seluruh pemain yang tidak kenal lelah sepanjang pertandingan, semoga hasil ini bisa menjadi motivasi tambahan buat tim Persipura untuk laga mendatang melawan tuan rumah Arema Malang,” katanya.
Pemain pengganti Riky Kayame yang menjadi bintang dalam laga kontra PS TNI tersebut juga mengaku bersyukur atas kemenangan yang diraih timnya tersebut. “Puji Tuhan saya senang karena kami bisa menang atas PS TNI lalu, saya juga senang karena diberikan kepercayaan dan kesempatan oleh pelatih untuk main, sebagai pemain saya puas karena yang paling penting Persipura bisa dapat poin. Gol itu buat seluruh masyarakat Papua supaya terus dukung Persipura,” ujarnya.
Sebelumnya, jadwal yang dikeluarkan pihak Gelora Trisula Semesta (GTS) dimana laga pada Minggu (26/6/2016) seharusnya Persipura menjadi tuan rumah dan bertanding di Stadion Mandala Jayapura namun ada perubahan sehingga laga tersebut dipindahkan ke Malang dan Arema menjadi tuan rumah dalam laga tersebut.
Awalnya, laga tersebut dijadwalkan berlangsung di markas Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Minggu (26/6/2016) pukul 19.30 WIB. Namun, berdasarkan permintaan Persipura Jayapura, laga tersebut dipindah ke markas Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan waktu yang tidak berubah.
Permintaan itu sendiri dilatarbelakangi kondisi di Papua yang tidak kondusif lantaran tengah marak aksi demonstrasi. Situasi tersebut memaksa Polda Papua tidak mengizinkan adanya pertandingan yang digelar pada malam hari. Polda Papua akan mengeluarkan izin keramaian untuk laga tersebut jika digulir pada pukul 16.30 WIT atau 14.30 WIB.
Di sisi lain, Persipura Jayapura tak mau jadwal kickoff laga tersebut digeser ke sore hari. Pasalnya, mayoritas pemain tim lawan, Arema Cronus, masih menjalani ibadah puasa Ramadhan. Perubahan itu secara otomatis berdampak pada pertemuan ke-2 Arema Cronus dengan Persipura Jayapura. Di pertemuan keduanya pada pekan ke-25 Torabika Soccer Championship 2016, presented by iM3 Ooredoo, giliran Persipura Jayapura yang akan menyandang status tim tuan rumah.
Hal tersebut dibenarkan Sekertaris Umum Persipura Jayapura Rocky Bebena. Bebena mengatakan bahwa perubahan jadwal tersebut karena pihak Arema Cronous tidak mau bermain sore hari di Jayapura. “Itu alasan mereka makanya laga pada putaran kedua yang sebenarnya kita jadi tuan rumah akhirnya dipindahkan ke Malang, sedangkan nanti pada putrana kedua baru Persipura yang menjadi tuan rumah di Mandala,” katanya.
Puncak Klasemen
Persipura hanya terpuat dua poin dengan pemundak klasemen sementara TSC A 2016 Arema Cronous. Dan laga pada Minggu (26/6/2016) merupakan laga penentu siapa yang akan menjadi pemuncak klasemen pekan kedelapan nantinya. Apakah Persipura ataukan Arema Cronous.
Sejak Liga Indonesia tahun 1994-1995, ada 29 laga yang telah memperemukan kedua tim. Dari 29 laga tersebut, 14 laga dimenangkan oleh Persipura Jayapura sedangkan Arema Cronous hanya mampu menang sebanyak 11 laga sedangkan empat laga lainnya hanya bermain imbang.
Dari 14 laga yang dimenangkan oleh pasukan Merah Hitam julukan lain dari Persipura Jayapura kemenangan paling menyolok adalah pada Indonesian Super League 2008-2009 dimana Persipura berhasil mempermalukan tuan rumah Arema Cronous dengan skor telah 5-0. Dan catatan apik lainnya adalah dari 29 laga tersebut, Persipura berhasil meraih kemenangan sebanyak empat laga di kandang Arema.
Sedangkan Arema Cronus hanya berhasil meraih satu kali kemenangan di Stadion Mandala Jayapura yaitu pada Babak 12 Besar Ligina 1996-1997. Dari tatistik tersebut, Persipura masih unggul diatas kertas atas Arema Cronous untuk laga pada Minggu (26/6/2016) mendatang. Apakah khas kemenangan tersebut masih berpihak pada Boaz Solossa dan kawan-kawan? (tabloidjubi.com)

Post a Comment