Friday, October 6, 2017

Bappeda diimbau tingkatkan penyediaan data

By Alexander Loen.
Suasana rapat koordinasi forum sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) kabupaten/kota se-Papua - Jubi/Alex
Jayapura, – Pemerintah provinsi Papua mengimbau agar Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi, dan daerah di kabupaten dan kota meningkatkan ketersediaan data melalui unit pelaksana teknis dan analisa pembangunan.\

Imbauan itu disampaikan khusus kepada aparatur silpil nasional saat Rapat Koordinasi forum sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) kabupaten/kota se-Papua di Jayapura.

"Saya anggap salah satu indikator untuk mengukur kinerja adalah ketersediannya data yang valid dan terbarui sesuai sektornya masing-masing," kata staf ahli gubernur bidang kemasyarakatan dan SDM, Ani Rumbiak, saat Rapat Koordinasi forum sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) kabupaten/kota se-Papua di Jayapura, Jumat (6/10/2017).

Ani menyebutkan data itu sangat penting, termasuk  untuk mengusulkan data saat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dari kabupaten dan kota. “Harus diserta dengan data yang mendukung usulan khususnya usulan dana 80 persen dana Otsus," kata Ani menjelaskan 
.
Ia menyebutkan hingga saat ini masih ada kabupaten dan kota yang mempunyai data berbeda dengan provinsi. Hal itu mengakibatkan penyusunan rencana hanya dilandasi dari keinginan dan rutinitas yang tidak berlandaskan permasalahan yang ada.

Padahal, menurut Ani, untuk mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dan berintegrasi harus di dukung oleh data dan informasi yang akurat, valid dan terkini. "Data itu sebagai acuan indikator dalam proses perencanaan," katanya.

Ia meminta pelaksanaan rapat SIPD kabupaten dan kota sangat sebagai langkah strategis untuk menyatukan persepsi dan dapat menyesuaikan elemen data. Termasuk menyepakati  ketersedian data yang berkualitas sebagai penentu keberhasilan pembangunan.

Kepala Seksi Data dan Analisi Data Pembangunan, pada Pusat Data Provinsi Papua, Merlyn Hamadi berharap rakor, kabupaten dan kota bisa memahami dengan baik SIPD.
"Kami inginkan ada komunikasi yang baik antar SKPD kabupaten, kota dan provinsi untuk sama-sama bersepakat dalam elemen data di Papua," kata Merlyn.
Menurut dia, data sangat penting dalam perencanaan pembangunan di Papua (*)  


Sumber : tabloidjubi.com
Post a Comment