Friday, October 6, 2017

Daerah diminta terapkan pelayanan berbasis online

By Alexander Loen.
Ketua Satgas Kordinator Supervisi Pencegahan KPK, Tri Gamarefa (tengah) didampingi Tim Kordinator Supervisi PencegahanProvinsi Papua, Elysa Auri dan Kansiana Salle - Jubi/Alex

Jayapura, - Pemerintah daerah kabupaten dan kota di Papua diminta mampu mengaplikasikan sistem pelayanan berbasis online, seperti e-planing dan e-budgeting guna mewujudkan pemerintahan yang bersih. Sistem yang telah dipakai oleh provinsi Papua itu dinilai termasuk terbaik di Indonesia.
“Kami harap 29 kabupaten dan kota di Papua bisa mengimplementasikan dengan baik, kalau mau menggunakan soft copy dari kami silahkan," kata Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri di Jayapura, Jumat (6/10/2017).
 Elysa mengaku telah berkomunikasi dengan PT Telkom maupun PT PLN untuk mendukung kegiatan itu. “Kami sudah komunikasikan agar mendukung program, pada prinsipnya mendukung sesuai dengan kebutuhan daerah," kata Elysa menambahkan.

Menurut dia, sistem pelayanan pemerintah harus inovativ dalam membangun daerah. Salah satunya melayani dengan sistem berbasis online, seperti e-planing dan e-budgeting sebagai produk yang dihasilkan dari kerja sama dengan KPK .

Ketua Satgas Kordinator Supervisi Pencegahan KPK, Tri Gamarefa mengharapkan Pemprov Papua dapat menularkan implementasi e-planing dan e-budgeting kepada kabupaten dan kota. “Ini penting karena sistem perencanaan dan pengganggaran berbasis elektronik lebih terbuka dan transparan,” kata Tri Gamarefa.

Menurut dia, langkah Pemprov Papua yang mempelopori sistem itu sudah tepat, tinggal melanjutkan agar program ini mampu diaplikasikan di daerah. (*)


Sumber : tabloidjubi.com
Post a Comment