Tuesday, June 21, 2016

TNI Sita Puluhan Senpi Buatan Amerika di NTT

Ilustrasi. (dok.Okezone)
Ilustrasi. (dok.Okezone)
KEFAMENANU - TNI penjaga garis perbatasan RI - Timor Leiste Sektor Barat, Yon Armed 11 Kostrad di Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyita 71 pucuk senjata api (senpi) yang terdiri dari buatan Amerika maupun senpi rakitan.
Sebagian merupakan senpi jenis springfield yang merupakan peninggalan leluhur yang disimpan warga di berbagai rumah adat yang ada di wilayah Timor Tengah Utara.
Komandan Satgas Pamtas RI-Timor Leiste Sektor Barat, Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman mengatakan, sesuai pengakuan warga, senpi yang disita itu hanya digunakan untuk berburu binatang di hutan.
“Sebanyak 71 pucuk senpi ini warisan dari leluhur mereka (warga) dan disimpan sebagai warisan di rumah-rumah adat dan biasanya digunakan untuk berburu. Namun ini bisa digunakan untuk kejahatan,” ujar Teguh.
Puluhan senpi berikut amunisi yang sudah diamankan ini akan diregistrasi kemudian diserahkan ke Markas Korem 161 Wirasakti Kupang untuk dimusnahan.
Teguh mengklaim, sejak penugasan mereka selama sembilan bulan di perbatasan Timor Tengah Utara NTT, TNI juga berhasil menekan angka penyelundupan barang ilegal. (abp/okezone.com)

#Yikwagwe

No comments: